Share 2 - Metode Mudah Mengembangkan Kreativitas Berwirausaha dengan Teknik "C-R-E-A-T-E"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hallo semuanya, semoga selalu sehat dan semangat. kali ini masih di segment baru kita, yaitu "Share", dimana saya bakal berbagi pendapat saya terhadap suatu hal. Untuk Share 2 ini masih melanjutkan topik sebelumnya tentang kewirausahaan. bagi yang belum sempat untuk melihat artikel sebelumnya, bisa langsung dilihat postingan Share 1 - Bukan Modal Nekat, Wirausahawan Juga Harus Punya Karakter.

Sekarang yang akan kita bahas adalah salah satu dari karakter wirausahaan, Berfikir Kreatif dan Inovatif. Kreatif berarti memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Kemampuan untuk menciptakan suatu hal tersebut dinamakan kreativitas. Sedangkan inovatif berarti mengembangkan atau memodifikasi hal yang sudah ada dengan proses yang lebih efektif dan efisien serta memberikan nilai tambah yang lebih dari yang sudah ada sebelumnya.

Kreativitas merupakan kemampuan yang sangat penting bagi seorang wirausaha. Wirausaha yang sudah terjun akan menghadapi berbagai macam halangan seperti persaingan yang ketat, sehingga kreativitas berperan penting untuk melihat peluang peluang yang memungkinkan.

Namun dalam proses pengembangan kreativitas tentu memiliki hambatan yang dapat mempengaruhi tingkat kreativitas kita. Adapun hambatan dalam kreativitas yaitu Hambatan Persepsi, Hambatan Emosi, Hambatan Kultural, Hambatan Lingkungan, dan Hambatan Intelektual. 

 

Jenis Hambatan

Contoh

Hambatan persepsi

Pola pikir stereostip

Membatasi masalah secara berlebihan

Terlalu banyak atau terlalu sedikit informasi

Hambatan emosi

Takut mengambil resiko

Tidak menyukai ketidakpastian

Lebih suka menilai daripada menghasilkan gagasan

Menganggap remeh suatu masalah

Tergesa-gesa menyelesaikan masalah

Hambatan cultural

Kultur menghambat pengakumulasian gagasan

Hambatan limgkungan

Kurangnya dukungan sarana prasarana kerja

Hambatan intelektual

Terlalu mengandalkan logika

Enggan menggunakan intuisi

Menggunakan pengalaman atau cara lama yang terbukti efektif hasilnya

 

TEKNIK C R E A T E

Teknik “CREATE” merupakan teknik atau tools untuk memudahkan seorang wirausaha dalam mengembangkan kreativitas. CREATE adalah singkatan dari Combine, Random, Eliminate, Alternative, Turn Around, Extreme.

 

Combine

Combine adalah teknik mengembangkan kreativitas dengan melakukan kombinasi (combine) dua atau lebih unsur untuk menciptakan hal baru. Contoh nyata penggunaan teknik kombinasi pada adalah Smartphone. Smartphone artinya telepon pintar, dimana berbagai fitur kamera, internet, dan lainnya berada di satu perangkat yang sama.

 
source : BP Guide
 
Pada awal diciptakan handphone tujuannya adalah hanya untuk memudahkan orang dalam berkomunikasi. Kemudian kamera berada di perangkat yang berbeda dan fungsinya hanya mengambil gambar. Sedangkan internet hanya bisa diakses dengan menggunakan komputer. Namun penggabungan kombinasi ketiga hal tersebut justru dapat menciptakan produk baru yang belum ada sebelumnya yaitu smartphone.
 

Random

Random adalah memasukkan hal unik kedalam suatu produk. Pada penerapannya adalah penggunaan hal yang mungkin sudah tidak bisa dipakai kembali atau sudah tidak ada nilai lebih, namun ketika dimasukkan kedalam produk justru menambah nilai lebih terhadap produk tersebut.


Cource : pinterest

Contohnya seperti vas bunga di atas. Mungkin sekilas itu adalah vas bunga biasa, tetapi jika dilihat dengan cermat, vas bunga tersebut menggunakan kulit telur sebagai finishing luar. Padahal yang kita tau telur yang sudah dipakai, kulitnya akan dibuang. Namun dengan adanya hal unik yaitu kulit telur, justru menambah nilai lebih terhadap vas bunga tersebut.

 

Eliminate

Teknik eliminate adalah teknik yang menghilangkan suatu bagian dari produk sehingga membentuk produk baru yang lebih baik. Contohnya adalah produk mouse berkabel dengan mouse wireless. 


source  : WePC

Pada dasarnya mouse yang ada di komputer menggunakan kabel untuk mengarahkan sebuah pointer. Namun beberapa pengguna merasa terganggu dengan adanya kabel. Maka dari itu dengan menghilangkan kabel yang diganti dengan Bluetooth (wireless), para pengguna tidak merasa terganggu dan menjadikan set up komputer lebih rapih.

 

Alternative

Alternative adalah sebuah teknik kreativitas dengan mengganti produk dengan produk lain yang memiliki fungsi yang sama dan dapat memberikan manfaat/keunggulan lain. Contohnya seperti rockwool. Rockwool adalah media tanam pengganti tanah. Biasanya digunakan untuk menjadi media tanam dengan metode hidroponik. Dengan adanya rockwool memudahkan seseorang untuk menanam tanaman dimana saja tanpa khawatir tidak memiliki lahan dan tanah.

Source : kompas.com

 

Turn Around

Turn Around atau putar balik adalah teknik kreativitas dengan mencoba pola pikir terbalik. Bisa jadi apa yang difikirkan orang lain sangat tidak masuk akal tetapi justru dapat menarik perhatian karena unik tidak seperti biasanya. Contoh usaha yang menggunakan pola pikir terbalik adalah usaha Ramen Yatai, Ramen Kaki Lima.

Source : kumparan.com

Ramen adalah makanan khas jepang yang umumnya dijual di restoran besar atau mall pusat perbelanjaan. Namun, ramen satu ini memiliki konsep kaki lima dimana letaknya berada di pinggir jalan. Selain itu, bangunannya tidak permanen bangunan, melainkan kedai kecil dengan gerobak dan kursi panjang. Untuk menu dan rasa tetap tidak jauh beda dengan ramen yang dijual di restoran.

 

Extreme

Extreme adalah kreativitas yang sangat ekstrim dan tidak umum diimpementasikan. Sebagai contoh adalah masker emas. Masker emas adalah masker wajah yang terbuat dari emas murni. Dari segi ilmiah, terdapat penelitian terhadap manfaat penggunaan masker emas terhadap kulit diantaranya kulit lebih bercahaya, lebih awet muda, menunda penuaan, dan merangsang sel kulit.

 

Umumnya masker wajah terbuat dari bahan bahan alami seperti timun, papaya, lidah buaya, dan masih banyak lagi. Pembuatan masker emas merupakan kreativitas yang ekstrim karena tentu biaya pembuatan yang mahal dan membutuhkan penanganan khusus.

 

Kreativitas dalam kewirausahaan memang perlu diperhatikan untuk menjaga kelangsungan usaha kita. Wirausahawan yang tidak kreatif akan kalah dengan pesaing pesaing lain dan tidak akan bertumbuh. Dengan memahami dan mendalami teknis CREATE memudahkan kita dalam berfikir kreatif dan melihat peluang peluang yang ada. Semakin tinggi tingkat kreatif dan inovatif seorang wirausaha maka akan berpengaruh terhadap usaha yang dijalankan seperti berkembangnya usaha menjadi lebih unggul dari sebelumnya.

 

Sekian dulu sharing kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu belajar dan tanamkan kreativitas tanpa batas. Salam Sukses Semua.. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

TIPS 2 - Mengembalikan file MS Word 2010 yang belum tersimpan / hilang

Share 1 - Bukan Modal Nekat, Wirausahawan Juga Harus Punya Karakter